DEMOKRASI NEWS
DEMOKRASI NEWS
DEMOKRASI NEWS

BERITA UTAMA

Pesona Surga Dataran Tinggi Gayo

Written By admin on Sabtu, 19 September 2015 | 21.54


Kab. Aceh Tengah (Aceh), DemokrasiNews.com - Provinsi Aceh memiliki beberapa tempat wisata yang menawan. Salah satu lokasinya adalah Danau laut tawar Destinasi wisata Alam danau diaceh tengah yang sangat mempesona, Selain sebagai zona refreshing juga berfungsi sebagai sumber kehidupan penduduk setempat.

Pesona alam pengunungan yang indah nan sejuk, diapit oleh bukit-bukit hijau membuat suasana di danau ini terasa tentram dan bahagia, bagi jiwa penikmatnya. Oleh karenanya, obyek ini sering dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.


25 sungai bermuara ke Danau Laut Tawar dengan debit air sekitar 10.043 liter perdetik. Danau ini memiliki kedalaman yang bervariasi, yaitu:
Kedalaman pada 35 meter dari pinggir danau, mencapai 8,9 meter
Kedalaman pada 100 meter dari pinggir danau, 19,27 meter
Kedalaman pada 620 meter dari pinggir danau, 51,13 meter.

Temperatur air danau juga bervariasi, tergantung dari kedalaman pengukuran. Pada kedalaman 1 meter, temperatur air danau mencapai 21,55 oC, di kedalaman 5 meter temperatur air danau mencapai 21,37 oC, di kedalaman 10 meter temperatur air danau semakin menurun menjadi  21,15 oC, pada kedalaman 20 meter temperatur air danau menjadi 20,70 oC, dan temperatur air danau kembali turun sampai di bawah 20 oC tepatnya 19,35 oC jika diukur pada kedalaman 50 meter.


Tidak hanya menikmati keindahan panorama alam Danau, di tempat ini wisatawan juga bisa menyaksikan aktivitas masyarakat di sekitar seperti bercocok tanam,memancing & tentunya pacuan kuda yang merupakan event tahunan tiap maret & agustus.

Apabila anda memiliki hobi memancing, inilah saatnya untuk merasakan serunya memancing ikan di Danau Laut Tawar. Dengan menyewa perahu motor, wisatawan bisa bertamasya mengelilingi danau sembari merasakan sejuknya udara dataran tinggi gayo.

Danau Laut Tawar juga berfungsi sebagai sumber kehidupan bagi flora dan fauna. Dimana di danau ini terdapat 46 jenis plankton yang terbagi atas 11 kelas meliputi kelas Chlorophyceae sebesar 35%, Bacillariophyceae 24%, Myxophyceae 9%, dan kelas lainnya sebesar 32%. Di pinggir danau wisatawan dapat berjumpa dengan eceng gondok.

Selain flora juga terdapat fauna yang hidup di Danau Laut Tawar, meliputi 37 jenis ikan, 3 jenis moluska, 1 jenis annelida dan 49 jenis serangga. Di sekitar danau, dapat ditemukan 13 famili spesies mamalia antara lain trenggiling, binturung (sejenis musang yang bertubuh besar), kancil, landak, siamang, kucing hutan, harimau, kijang dan rusa.

Danau yang memiliki volume air sekitar 2,5 trilliun liter ini, merupakan populasi bagi ikan depik. Ikan yang berbentuk kecil memanjang seperti ikan teri diolah sebagai makanan khas tanoh gayo

Komoditi unggul dari gayo ini adalah kopi pea berry,long berry, dan arabika. Kopi Gayo sangat nikmat dan digemari seluruh dunia. Selain kopi juga terdapat beragam buah segar dan sayur yang langsung bisa dipetik alamnya.

Letak danau ini berada dikota takengon,Aceh tengah. Transportasi Menuju Ke Danau Laut Tawar bisa ditempuh dari kota bireun sekitar 3 jam perjalanan darat.Sebagai alternatif lainnya wisatawan juga bisa menuju ke lokasi danau melalui Blang Kejeran dan Kutacane,Aceh tenggara.

Bagi wisatawan yang ingin menuju ke Danau Laut Tawar dari kota Medan, dapat menggunakan jalur udara ke Bandara rambele,Bener meriah. dilanjutkan jalur darat sekitar  20 menit.

Penginapan Di Sekitar Danau Laut Tawar. Bagi wisatawan yang ingin bermalam di Danau Laut Tawar, telah disediakan beberapa penginapan di sekitar danau. Biaya untuk beristirahat di penginapan relatif murah. Biasanya penginapan di sekitar danau menyediakan fasilitas penyewaan sepeda yang bisa digunakan oleh untuk mengelilingi danau.


Kuliner Khas Danau Laut Tawar. Selain jalan-jalan, minum kopi Gayo dengan cita rasa yang nikmat, wisatawan bisa menyantap gurihnya ikan depik bersamaan dengan sepiring nasi panas dan dilengkapi dengan pedasnya sambal Aceh. Tentunya menu makanan ini akan memberikan kelezatan yang sungguh luar biasa sembari wisatawan menikmati keindahan alam danau.

Bila berkunjung sederhana saja, tentunya dengan berpakaian islami karena penduduk setempat mayoritas memeluk agama Islam. Jangan lupa untuk membawa kamera, karena keindahan danau ini sangat layak untuk diabadikan sebagai kenangan.Tetapi jika wisatawan mempunyai banyak waktu berwisata dan ingin menikmati pemandangan selama perjalanan,rasakan sensasi alam gunung yang menantang adrenalin.  (Roman)






0 komentar:

Posting Komentar

DEMOKRASI NEWS
DEMOKRASI NEWS
DEMOKRASI NEWS